KONSULTASI MANAJEMEN MASJID

Pengunjung yang dirahmati Alloh SWT dalam rubrik ini anda kami persilahkan untuk Berkonsultasi terkait dengan Manajemen pengelolaan Masjid. Apabila masjid disekitar rumah anda atau Masjid yang sedang anda kelola ada permasalahan yang perlu didiskusikan maka kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi anda untuk berkonsultasi. Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada pertanyaan yang tidak terjawab mungkin karena alasan beberapa hal :

  1. Jawabannya membutuhkan kajian yang sangat mendalam
  2. Pertanyaannya kurang lengkap dan membutuhkan banyak informasi tambahan
  3. Kami tidak memiliki kapasitas dalam menjawabnya
  4. Pertanyaannya mirip ataupun sama dengan yang sudah pernah kami jawab
  5. Kami lupa untuk menjawabnya (mohon dimaklumi) karena terlalu banyak pertanyaan yang harus dijawab

In syaa Alloh kami berusaha untuk menjawabnya hasil dari kajian orang yang memiliki keahlian disekitar kami. Dan sebagai penyemangat kita untuk terus bertanya perlu kami sampaikan firman Alloh SWT :

فَسۡ‍َٔلُوٓاْ أَهۡلَ ٱلذِّكۡرِ إِن كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ

“… maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kalian tidak mengetahui.” (an-Nahl: 43)

2 Comments

  1. Assalamualikum warakhmatullohiwabarokatu. Saya malik, salah satu pengurus masjid Nurul Huda di Kota Tarakan. Pertanyaan saya :
    1. Mengurus masjid merupakan pengabdian kepada ALLAh SWT yang pelaksanaannya didasari oleh keihlasan dan kesadaran atas kewajiban untuk memakmurkanmasjid. Apakah dalam pengurusannya / mengelola masjid harus dibuatkan AD ART?
    2. AD ART yang sudah disusun selayaknya ditepati. Bagaimana agar AD ART yang sudah disusun bisa ditepai oleh seluruh pengurus masjid? Bagaimana kalau ada pengurus yang tidak menepati AD ART tsb?
    Demikian pertanyaan saya, mohon penjelasan untuk menambah pengetahuan saya. Syukron. Wassalamualaikum warakhmatullohiwabarotu.

    1. Waalaykumsalam Wr Wb, Alhamdulillah Bapak Malik
      1. Membuat AD ART hanya aspek pengorganisasian para person pengurus agar lebih harmonis mengurus Masjid. Bisa ada bisa tidak, saat menjalankan AD ART (atau tidak ada AD ART) nya, mengelola/mengurus Masjid harus tetap ikhlas. Apabila dalam AD ART ada pemberian hadiah/gaji/upah/honor/dsb kepada pengurus maka itu halal selama perimbangan dan pelaksanaan kerja sesuai dengan pendapatan Masjid, tentu harus transparan dan efektif.

      2. Buatlah AD ART yang mudah dilaksanaksn dan bisa ditepati pengurus. Bila ada pengurus yang tidak menepati, hendaknya dinasehati, dan bila perlu diganti.

      Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *