HARAM MEMALAK RAKYAT DENGAN ANEKA PAJAK

KHUTBAH PERTAMA

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا،

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا،

 

وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا.

أَمَّا بَعْدُ؛ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوْا بِهَآ اِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوْا فَرِيْقًا مِّنْ اَمْوَالِ النَّاسِ بِالْاِثْمِ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

 

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah menganugerahkan kita nikmat iman dan Islam, serta mempertemukan kita di tempat yang diberkahi ini. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beserta keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.

 

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Pemimpin negeri ini boleh berganti, tapi kehidupan yang sejahtera masih saja menjadi mimpi. Tak lama lagi, kita akan menghadapi beban hidup yang tambah berat lagi. Ini gara-gara pemerintah menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen mulai Januari 2025.

 

Siapa yang senang pajak dinaikkan? Pasti kita semua akan merasakan keberatan. Dalam kondisi ekonomi yang masih berat, kebijakan seperti ini terasa menyesakkan. Apalagi saat ini kita merasakan daya beli masyarakat sangat rendah. Beli apa-apa mahal. Kalau pun barang ada, yang beli tidak ada.

 

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Ini semua bukan soal semata siapa yang memimpin kita. Tapi ini menyangkut sistem yang diterapkan di negeri ini, yakni sistem kapitalisme.

 

Ketahuilah, dalam sistem kapitalisme, pajak digunakan untuk menutupi defisit anggaran akibat sistem ekonomi berbasis utang. Akibatnya, rakyat terbebani oleh berbagai pungutan, termasuk PPN yang bersifat regresif, sehingga memberatkan golongan berpenghasilan rendah. Kebijakan pajak semacam ini, khususnya di tengah kesulitan rakyat, merupakan kezaliman yang haram. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ

Janganlah kalian memakan harta di antara kalian dengan jalan yang batil (TQS al-Baqarah [2]: 188).

 

Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa ayat ini melarang segala bentuk perampasan hak milik, apalagi oleh penguasa terhadap rakyatnya (Tafsir Ibnu Katsir, 1/521). Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Tidaklah seorang hamba yang telah Allah beri amanah untuk mengurus urusan rakyatnya, lalu dia mati dalam keadaan memperdaya rakyatnya, kecuali dia tidak akan mencium bau surga” (HR al-Bukhari dan Muslim).

 

Dalam Islam, penguasa adalah pelayan atau pengurus rakyat, bukan pemalak. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Imam (kepala negara) adalah pengurus rakyat dan dia akan dimintai pertanggungjawaban atas rakyat yang dia urus” (HR al-Bukhari dan Muslim). Pengurus rakyat tentu tidak pantas memalak rakyatnya dengan aneka pajak. Pemungutan pajak yang zalim bertentangan dengan ajaran Islam, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tidak akan masuk surga pemungut pajak (cukai)” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan al-Hakim).

 

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Kondisi ini tidak akan berubah, meski pemimpin berkali-kali berubah, selama kita tetap mempertahankan sistem kapitalisme.

 

Karena itu, solusi untuk mengatasi kezaliman pajak adalah dengan kembali pada syariah Islam melalui sistem pemerintahan Khilafah Islam. Dalam Khilafah, APBN dikelola sesuai hukum Islam dengan sumber pemasukan utama dari zakat, jizyah, kharaj, harta milik umum, dan lainnya sebagaimana dijelaskan Syaikh Abdul Qadim Zallum.

 

Salah satu sumber terbesar adalah harta milik umum, seperti sumber daya alam yang dikelola negara untuk kepentingan rakyat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

النَّاسُ شُرَكَاءُ فِي ثَلَاثٍ: الْمَاءِ، وَالْكَلَأِ، وَالنَّارِ

“Manusia berserikat dalam tiga perkara: air, padang rumput, dan api (energi)” (HR Abu Dawud).

 

Contohnya, tambang melimpah yang dikelola negara harus sepenuhnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat dan tidak diserahkan ke pihak swasta atau asing.

 

Dalam konteks Indonesia, optimalisasi sumber daya alam memberikan potensi besar untuk pendapatan negara. Misalnya, batubara, minyak, gas, emas, tembaga, nikel, dan sektor hutan serta kelautan, jika dikelola secara efisien, dapat menghasilkan laba bersih Rp 5.510 triliun. Ini jauh melampaui kebutuhan APBN yang sekitar Rp 3.000 triliun. Sebagai contoh, batubara dapat menghasilkan Rp 2.002 triliun, sedangkan kelautan memiliki potensi pendapatan Rp 1.040 triliun. Pengelolaan yang berlandaskan syariah tidak hanya menghapus kebutuhan pajak, tetapi juga memberdayakan sumber daya untuk kesejahteraan seluruh rakyat.

 

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Dengan penerapan syariah Islam secara kaaffah, negara tidak perlu bergantung pada pajak atau utang luar negeri. Hasil kekayaan alam yang melimpah dapat dikelola secara optimal untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Hal ini selaras dengan hadis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa pemimpin adalah pengurus rakyat dan bertanggung jawab atas kesejahteraan mereka, bukan memungut pungutan yang membebani. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Imam (kepala negara) adalah pengurus rakyat dan akan dimintai pertanggungjawaban atas rakyat yang ia urus” (HR al-Bukhari dan Muslim).

 

Alhasil, umat dan bangsa ini harus benar-benar kembali pada syariah Islam dalam semua aspek kehidupan. Termasuk dalam mengelola perekonomian, di antaranya dalam pengelolaan APBN-nya. Selain karena kewajiban dari Allah Subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya, menegakkan sistem Islam bukanlah utopia. Sejarah mencatat bagaimana Khilafah Islam selama lebih dari 13 abad berhasil menciptakan kesejahteraan dan keadilan bagi rakyatnya tanpa memalak mereka dengan aneka pajak yang menyengsarakan. WalLaahu a’lam bi ash-shawaab.

[]

 

 

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

 

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ، وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

أَمَّا بَعْدُ؛ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَّى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ، وَقَالَ تَعاَلَى:

إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ، وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ، أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي، وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

 

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ، وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ، وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ، وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

 

عِبَادَاللهِ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ