Yuk Jadi Remaja BAPER (Bawa Perubahan)

Forums SERBA SERBI REMAJA MASJID Yuk Jadi Remaja BAPER (Bawa Perubahan)

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by admin admin 9 months, 2 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #1758
    admin
    admin
    Keymaster

    YUK JADI REMAJA BAPER
    (BAWA PERUBAHAN)

     

    Yuhuu…Hai gaes, pembaca setia buletin Teman Surga, di mana pun kamu berada, semoga kamu selalu dalam lindungan Allah ya, gaes. Oh ya, by the way di edisi kali ini, buletin kesayangan kamu bakalan bahas tentang Remaja Baper, hah….BAPER..?? Bawa Perasaan? Bukan dunkz, masa hari gini masih aja jaman nya bawa perasaan, yang kayak gitu mah harus dah di_delete. Tul gak? Kuy lah kita ganti yg namanya remaja Baper (Bawa Perasaan) jadi remaja Baper (BAWA PERUBAHAN). Karena kini dah saat nya remaja bawa perubahan buat pribadinya, masyarakat and negara.

    Hmm..gaes ngomongin peran remaja sebagai generasi muda yang bawa perubahan jadi inget sama moment 17an yang tinggal menghitung hari. Secara gitu sejarah kemerdekaan ga lepas dari peranan generasi muda nya. So apa kabar yah sama generasi muda pasca kemerdekaan? Eitzz tapi apa bener udah merdeka ya? Xixixi…

    Benarkah sudah merdeka?

    Gaes hari kemerdekaan di negeri ini dirayain setiap tahun, and banyak remaja sebagai generasi muda juga ikut berpartisipasi dalam mensukseskan perayaan hari kemerdekaan ini, sepertinya kamu juga udah paham bener ya gaes bahwa acara dalam perayaan kemerdekaan negeri kita ini yah lebih sering monoton alias itu-itu aja yang dominan (hehe..) apa tuh? Dari mulai karnaval pake baju adat tingkat RW, ampe beragam aneka perlombaan kayak lomba makan kerupuk, tarik tambang, balap karung, lomba lari sambil bawa kelereng, panjat pinang and yang lainnya. Terakhir and bisa dibilang puncak perayaan hari kemerdekaannya neh gaes, buat panggung pertunjukkan, menunjukkan kebolehan generasi muda untuk berekspresi, menari, menyanyi, and yang lainnya. Memang sih katanya hiburan and targetnya biar masyarakat bergembira,

    Pertanyaan nya neh gaes, sama kayak pertanyaan di paragraf sebelumnya, apa bener kita dah merdeka? Tiktuk…tiktuk….pastii lagi pada mikir yah?? Ayoo buruan gak pake lama mikirnya, masih ditunggu neh jawabannya hehe. Kata sebagian orang, kita dah merdeka dong! buktinya Belanda dan Jepang nggak menjajah kita secara militer. Inggris dan Portugis juga dah tertinggal jauh di belakang masa lalu sejarah bangsa ini. Nggak ada kekuatan militer asing menekan bangsa ini. Indonesia sudah merdeka. Tetapi ada banyak juga lho yang mempertanyakan, benarkah sudah merdeka? Kok bisa ya?

    Bisa aja. Kamu kudu selidiki dulu pernyataan itu dan renungkan gaes, lalu tanyain juga ma diri sendiri dan melihat buktinya. Baru deh nanti kamu nyadar. Nah, sekarang gimana kalo kamu di sekolah tapi nggak aman? Merdeka nggak? Misalnya kamu setiap hari digebukin sama kakak kelas, belum lagi yang sering minta duit dengan paksa. Kemerdekaan kamu masih terampas. Kondisi kayak gini pastinya menyebalkan.
    Namun, jika kondisi ‘preman’ sekolah udah di-delete tapi kok tetap menyebabkan kamu nggak merdeka juga itu pasti ada masalah lain. Contohnya apa? Misalnya nih, di sekolah ada aturan bagi siswi muslimah dilarang pake kerudung, apalagi jilbabnya, jelas berarti belum merdeka. Aktivitas rohis dicurigai dan diwaspadai, dianggap bagian dari sarang teroris. Waduh, apa kondisi ini menyenangkan? Jelas belum merdeka dalam hal mengekspresikan keyakinan kamu. Betul?
    Belum lagi coba deh kamu renungin and perhatiin banyak generasi muda, yang itu pastinya didominasi sama remaja islam, mereka jadi generasi pembebek alias generasi yang suka ikut-ikutan gaya Barat tanpa tau itu baik atau buruk buat mereka, contohnya aja neh segala sesuatu yang lagi jadi viral semua diikutin mulai dari ngegaya di aplikasi tik tok, mpe yang terbaru ikutan aksi challenge, belum lagi tawuran, sex bebas, aborsi, narkoba, budaya mencontek, bolos sekolah, bullying, mpe minum-minuman keras. Tanpa disadari gaes yang kayak gitu tuh korban dari penjajahan loch.

    Bukan cuma di generasi mudanya, sekarang kita lihat dari sisi masyarakatnya, masih banyak rakyat miskin, segalanya susah karena kehidupan yang sejahtera ga dijamin, padahal neh gaes Indonesia itu negeri yang kaya akan sumber daya alamnya tapi kenapa rakyatnya masih banyak yang miskin? Masih banyak remaja yang gak bisa sekolah karena gak punya biaya. Kekayaan yang dimiliki gak memberikan kehidupan yang layak, bahkan buat nyambung hidup aja harus bersusah payah, contohnya neh mau makan enak, harus dengan rupiah sekian, mau berpakaian, and tinggal di rumah layak huni dengan biaya sekian ditambah pajak dan biaya lainnya, mau dapet pelayanan kesehatan yang baik dengan fasilitas terbaik harus juga dengan biaya sekian, mau sekolah silahkan pilih, semakin naik tingkat so semakin mahal biaya yang kudu disiapkan, apalagi kalo mau sekolah dengan kualitas dan fasilitas terbaik. Hadeuuh tepok jidat!, ini yang namanya merdeka gaes??

    Belum cukup di situ, konsep negara yang membuka lebar keran kerjasama masuknya bangsa asing buat “buka lapak” di negeri ini juga nambah mempersulit masyarakatnya, karena itu artinya bangsa asing semakin banyak mengeruk keuntungan. Ga heran kalo sekedar peniti atau jarum pentul aja impor dari China atau Korea. Gimana gaes dah melek kan? Semoga bikin kamu semua melek (terbuka matanya) dengan kondisi kekinian dari negeri kita ini, and bisa membuka cakrawala berfikir kamu yah gaes.

    Makna Kemerdekaan
    Gaes, makna kemerdekaan adalah terbebasnya kita dari segala penghambaan kepada hawa nafsu dan aturan orang lain, seraya kita mengikatkan dan menundukkan diri kita sepenuhnya kepada Allah Ta’ala. Sebab, itulah sebaik-baik penghambaan kita. Kalo sekarang kita masih terjajah oleh hawa nafsu, dikendalikan dan didikte oleh orang lain, maka kita jelas masih terjajah alias belum merdeka. Padahal dalam shalat, kita dah berikrar kepada Allah, bahwa kita akan menyerahkan segalanya kepada Allah Ta’ala. Firman-Nya: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan Semesta Alam,” (QS al-An’âm [6]: 162)
    Inilah hakikat atau makna kemerdekaan. Kalo kita bicara soal masyarakat, berarti masyarakat yang merdeka adalah masyarakat yang berhasil melepaskan diri dari cengkeraman aturan masyarakat lain, begitu pula dengan negara. Negara yang merdeka adalah negara yang mandiri, dan tidak dikendalikan oleh aturan negara lain. Kalo sekarang? Kita masih terjajah, Karen masyarakat kita masih belum bisa melepaskan ikatan yang dijeratkan oleh orang-orang Barat.

    Kudu and wajib jadi remaja Baper (Bawa Perubahan)

    Gaes sekarang kamu dah pada paham kan, kenyataan sebenarnya negeri ini dengan segala kenyataan yang ada? So dah sepatutnya kita sebagai generasi muda sadar and mau berubah menjadi lebih baik. Karena Generasi muda ujung tombak bangsa, maju and mundurnya bangsa tergantung pada generasi muda saat ini. Tugas kita adalah menjadi remaja yang membawa perubahan, itu artinya ketika kita akan mengubah keadaan berarti kita harus berbuat. Sebagaimana yang telah Allah ingatkan kepada kita dalam Al-Qur’an. “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (TQS Ar-ra’d : 11)

    So, kini saatnya remaja sebagai generasi muda beraksi menyelamatkan negeri and dunia. Nah Hal yang bisa dilakukan agar menjadi remaja Baper (bawa perubahan) adalah Pertama-tama nih gaes, kamu kudu jadi remaja bumbata alias buka mata, buka telinga, sadar akan kondisi negeri kekinian, peduli sama hal yang ada di sekitar, jangan cuek bebek yah. Berikutnya yang kedua buat kamu and semua yang ingin hidup bahagia sejahtera, aman, dilimpahkan keberkahan and Allah ridha atas kita semua, maka seharusnya sebagai makhluk yang memiliki fitrah keimanan maka kudu and wajib kita kembali kepada sistem aturan hidup yang sesuai dengan kefitrahannya yaitu Islam. So, kenali Islam lebih dalam and menyeluruh, dengan cara ngaji dunkz pastinya, Islam punya paket lengkap and sempurna untuk melangsungkan hidup yang kita harapkan.

    Maha benar Allah yang telah berfirman dalam QS. Al A’raf ayat 96. “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan ayat-ayat kami itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatan nya.”
    Yang ketiga neh gaes kalo kamu-kamu dah kenal Islam secara mendalam, paham juga dengan apa yang dah kamu tau maka kudu yang namanya diamalkan yak, jangan ampe gak loch. Terakhir yang keempat, namanya juga remaja bawa perubahan, berarti harus menyebarkan kebaikan. yang didapat harus disebarkan, dan harus siap jadi agent of change, menyampaikan yang ma’ruf and mencegah kemunkaran. Are You ready gaes? Yuuk Buruan jadi Remaja Baper ( Bawa Perubahan).

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.

UPDATE INFORMASI TERBARU

Seruan Masjid

Jl. Otista Gg. Lurah No 2 Ciputat Tangerang Selatan – Banten

0898-515-8979

seruanmasjid@gmail.com

Peringatan Hari Besar Islam 2018

03 April 2019 | 27 Rajab 1440 H 
Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H

06 Mei 2019 | 01 Ramadhan 1440 H
Awal Puasa Ramadhan 1440 H

05-06 Juni 2019 | 1-2 Syawal 1440 H
Hari Raya Idul Fitri 1440 H

11 Agustus 2019 | 10 Dzul Hijjah 1440 H
Hari Raya Idul Adha 1440 H

31 Agustus 2019 | 01 Muharram 1441 H
Tahun Baru Hijriah 1441 H

09 November 2019 | 12 Rabiul Awal 1441 H
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H

*) Untuk penetapan awal bulan penanggalan hijriyah berdasarkan rukyat bulan

Hubungi Kami